Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional

Digital-Marketing-vs-marketing-konvensional

Digital marketing semakin dikenal oleh sebagian besar masyarakat. Tak hanya pebisnis, tapi juga calon konsumen potensial yang dipengaruhi oleh berbagai macam teknologi. Mau tak mau, Anda pun terpaksa menguasai pemasaran digital seperti ini jika tak ingin kehilangan peluang di tengah persaingan ketat.

Konsep pemasaran ini sendiri adalah memanfaatkan ruang lingkup yang luas di berbagai media, seperti internet, perangkat mobile, hingga radio. Salah satu kelebihan media digital ini mampu memberikan infografis mengenai produk yang ditawarkan suatu perusahaan.

Digital marketing mampu menjangkau konsumen tanpa batasan apapun

Para pebisnis mengklaim, metode pemasaran digital ini mampu menjangkau berbagai kalangan, di mana dan kapan saja. Tak heran jika pada akhirnya metode pemasaran konvensional perlahan ditinggalkan, karena terbatas waktu dan lokasi. Lalu, apa lagi kelebihan dari digital marketing yang semakin digemari oleh para pelaku usaha ini?

  1. Pencapaian target relatif lebih cepat

Pemasaran digital suatu produk usaha tentu akan memberikan dampak atau hasil yang jauh lebih cepat dan murah ketimbang cara konvensional. Selain itu, cara ini juga terbukti lebih cepat mengena pada calon konsumen karena memiliki jangkauan luas.

Salah satu contoh pemasaran digital yang bisa Anda terapkan adalah penggunaan media company profile. Seperti yang telah kita ketahui, company profile merupakan salah satu segmen penting dalam perkembangan bisnis apapun. Mengingat perannya dalam melebarkan sayap perusahaan, media marketing satu inimembutuhkan kemasan sempurna agar fungsinya optimal.

Kemasan yang dimaksudkan adalah bentuk company profile itu sendiri yang berupa cetak, video, website, hingga aplikasi interaktif seperti berikut ini.

  • Company profile cetak

Bentuk ini merupakan jenis yang paling umum digunakan oleh banyak perusahaan. Selain lebih mudah dalam pembuatannya, company profile cetak juga dinilai lebih praktis saat digunakan sebagai media marketing. Mediajenis ini mengutamakan desain, gambar, dan tulisan menarik yang mampu menggaet targetnya.

  • Company profile video

Umumnya, company profile ini bersifat multimedia yang terdiri dari kombinasi gambar bergerak, grafik, suara latar, foto, dan teks yang menarik. Durasinya pun tidak terlalu lama sehingga Anda harus memikirkan secara matang konsep dan konten apa yang akan disajikan.

  • Company profile interaktif

Sesuai dengan namanya, company profile satu ini menitikberatkan pada interaktifitas sehingga penikmatnya lebih terlibat dalam pemilihan informasi yang dibutuhkan. Biasanya, metode ini dapat diaplikasikan di berbagai macam media seperti multi-touch hingga sejumlah gadget.

  • Company profile website

Jenis company profile yang terakhir ini paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Pasalnya, company profile website hanya memerlukan akses internet yang sudah menjangkau seluruh wilayah. Namun jangan lupa, karena bersifat multimedia, media marketing ini harus memiliki konsep dan isi yang berkualitas agar tetap menarik.

  • Mampu memprediksi jangkauan konsumen

Kelebihan yang sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha saat menggunakan strategi marketing digital adalah kemampuan untuk memprediksi jangkauan konsumen. Metode ini memungkinkan Anda untuk menargetkan calon konsumen berdasarkan usia, pendidikan, hingga perilaku yang bisa dipantau dari media sosial.

  • Jangkauan tanpa batas

Anda pasti sadar, penggunaan teknik SEO pada mesin pencarian internet hingga iklan di media sosial mampu menjangkau konsumen secara luas. Dapat dipastikan, siapa saja bisa mengakses iklan atau informasi tentang produk yang Anda tawarkan. Tak hanya dari dalam negeri sendiri, tapi juga hingga mancanegara.

  • Memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan sumber daya yang dimiliki

Melalui metode pemasaran digital, Anda bisa dengan leluasa memaksimalkan sumber daya apapun yang dimiliki untuk mendukung semua kegiatan bisnis. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan akun resmi di media sosial, maka konsumen akan melihat bisnis tersebut lebih profesional dan terpercaya.

Secara umum, digital marketing memiliki target yang sama dengan marketing konvensional, yakni agar produk terjual dan mengubah cara pandang konsumen.

Anda patut memahami, pemasaran yang hanya bertujuan pada pembelian tidak terlalu menguntungkan. Berbeda dengan pemasaran yang bertujuan memperkenalkan brand perusahaan Anda, karena bersifat jangka panjang berupa kenaikan popularitas.

Seiring perkembangan tren dan teknologi, digital marketing telah merambah dunia advertorial, yakni berita yang secara langsung menampilkan produk. Secara tidak langsung, cara ini mengajak konsumen yang memang membutuhkan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan digital marketing vs konvensional yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *